Saturday, March 23, 2013

Komitmen Diri pada Fakultas Psikologi USU

Dalam post ini saya akan berbicara mengenai komitmen, yang merupakan hal penting dan harus dimiliki oleh setiap orang yang sayangnya saya mungkin belum terlalu kuat memilikinya. Yang saya lakukan disini adalah bentuk konsekuensi dari apa tidak lakukan pada waktu yang lewat. Saya tidak menghadiri kegiatan Dies Natalis USU tentunya memiliki alasan yang jelas. Saya sedang sakit pada waktu itu. Namun saya juga tahu bahwa saya melakukan hal yang salah. Saya mengingkari kewajiban saya untuk turut serta dalam kegiatan itu.
Dalam post ini juga saya ingin memperkuat komitmen saya pada fakultas. Tempat saya mengenyam pendidikan hingga sarjana (amin). Saya akan berusaha sebaik-baiknya untuk mematuhi peraturan-peraturan yang ada dikampus. Memang saya hanya manusia biasa yang tidak mungkin dapat membuat semua orang disekitar saya senang. Namun saya akan meminimalisir kemungkinan untuk terjadi hal seperti itu. 
Mungkin ini ada kaitannya dengan pelatihan kepemimpinan yang baru diadakan di Fakultas Psikologi USU. Tentang bagaimana cara membangun karakter sebagai pemimpin, yang tidak saja untuk memimpin orang lain melainkan juga untuk memimpin diri sendiri. Selayaknya seorang pemimpin yang harus dimiliki adalah rasa tanggung jawab, yang mana pada saat itu mungkin adalah hal yang kurang saya miliki. Saya sadar akan pentingnya rasa tanggung jawab ini. Juga banyak hal yang saya pelajari dalam latihan kepemimpinan itu. Mulai dari kerja sama team, kepercayaan dan lain-lain yang akan sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan ini.
Untuk kehidupan saya kedepan akan menjadi lebih baik, saya akan berjanji dalam post ini. Saya akan berusaha untuk tidak melanggar peraturan-peraturan yang ada. Bersedia untuk menepati janji dan tidak akan pernah menganggap sepele atas event-event yang akan diselenggarakan oleh pihak fakultas ataupun universitas. Jika saya melanggar salah satu dari hal diatas maka saya akan rela untuk dikenakan sanksi karena saya sudah berjanji. Saya harap kejadian-kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi untuk kedepannya. Mari kita bersama-sama untuk menjaga komitmen kita satu sama lain. Dan yang saya harapkan hal-hal seperti ini dapat berlaku untuk kedua belah pihak, baik itu dari mahasiswa atau pun pihak fakultas yang merupakan figur pedoman yang akan diikuti oleh mahasiswa nya itu sendiri.
Semoga tulisan saya ini dapat menjadi cambuk untuk diri saya sendiri agar dapat berbuat yang lebih baik dimasa-masa mendatang. Terima kasih :)

No comments: