Jean
Piaget dan Lev Vygotsky
adalah tokoh dari Psikologi Perkembangan
yang tertarik pada asal-usul dan proses perkembangan kognitif. Kedua psikolog memiliki
pandangan yang jauh berbeda tentang peran private speech dalam perkembangan
kognitif seseorang. Vygotsky menyebutnya sebagai Private Speech sementara
Piaget menyebutnya sebagai Egosentric Speech.
Piaget
mengamati kegiatan ini pada anak-anak taman kanak-kanak dengan kisaran usia 3-8
tahun, dan
menemukan penggunaan seperti speech ini sebagai pengulangan verbal individu
lain, monolog selama kegiatan, dan komentar non-timbal balik dalam pengaturan
kolektif. Dalam kasus ini bicara mereka tidak diarahkan terhadap individu lain.
Dalam pikiran Piaget pola-pola bicara menunjukkan bukti egosentrisme, tanda
ketidakdewasaan kognitif, dan ketidakmampuan untuk berbagi perspektif orang
lain. Namun, ia berpendapat, seiring dengan tumbuh kembang anak, maka speech
ini akan dialihkan dengan sosialisasi dengan orang lain. Pola pikir mereka
tidak lagi berorientasi terhadap dirinya sendiri, tanda bahwa mereka mampu
mengadopsi perspektif orang lain. Seorang anak mengatasi egosentrisme dengan
mulai berpikir kritis dan logis, menyebabkan Egosentric Speech memudar.
Lain halnya dengan
Vygotsky, dia melihat kelakuan anak-anak ini sebagai sarana
untuk anak-anak untuk merencanakan
kegiatan dan strategi dan karena
itu membantu pengembangan mereka.
Oleh karena bahasa adalah akselerator untuk berpikir / pemahaman (Jerome
Bruner juga memandang bahasa dengan cara ini). Vygotsky percaya bahwa anak-anak
yang terlibat dalam Private
Speech dalam jumlah yang banyak lebih kompetens secara sosial dibandingkan dengan
anak yang tidak menggunakannya
secara ekstensif. Vygotsky percaya bahasa yang berkembang dari interaksi sosial, untuk tujuan komunikasi.
Kemampuan berbahasa Kemudian menjadi terinternalisasi sebagai pemikiran dan "inner
speech". Pemikiran adalah hasil
dari bahasa.
Jadi sebenarnya
pemikiran kedua tokoh ini sangat bertolak belakang yang seperti kita lihat,
Piaget mengatakan bahwa Egosentric Speech akan menghilang seiring dengan
bersosialisasi dengan orang lain sementara Private Speech menurut Vygotsky
adalah kunci keberhasilan seseorang untuk berkembang dan berinteraksi dengan
lingkungan dan dapat berkomunikasi dengan orang lain.
No comments:
Post a Comment