Tuesday, June 24, 2014

Diskusi


Banyak metode pembelajaran yang dapat dilakukan oleh orang dewasa. Salah satunya adalah diskusi. Diskusi biasanya terjadi secara spontan, diawali dengan ngobrol-ngobrol bersama hingga menjadi pembicaraan dalam topik tertentu.
Pada dasarnya diskusi bertujuan untuk mendapatkan suatu solusi. Bukan hanya pembicaraan tidak jelas yang tidak mencapai kesepakatan pada akhir diskusi. Sehingga disini, dibutuhkan seorang pimpinan diskusi yang cermat jika pembicaraan sudah melenceng terlalu jauh dari topik awal yang sudah ditentukan.
Diskusi juga bertujuan untuk melatih bagaimana cara berpikir kritis. Kita ingin melihat sejauh mana cara berpikir dan sedalam apa  hal yang diketahui nya mengenai suatu topik. Hal ini tentu untuk orang yang sudah tahu. Untuk yang belum tahu sendiri juga sangat diuntungkan. Karena diskusi juga dapat memberikan wawasan akan sesuatu yang baru, hal yang baru pertama kali didengarkannya.
Manfaat yang saya dapat dari metode belajar diskusi ini ialah saya dapat membahas suatu masalah secara mendalam biasanya saya membahas sesuatu tidak sampai mendalam,dari diskusi ini saya dapat menumbuhkan rasa percaya diri saya karena pada saat diskusi saya dapat mengemukakan pendapat lanyak orang dewasa,dan saya mendapatkan bahwa diskusi ini bertujuan untuk merangsang cognitive saya untuk berpikir lebih kritis sebagai mahasiswa yang dewasa
Salah satu performa dalam kelas Andragogi sendiri adalah diskusi. Materi yang diangkat oleh kelompok ialah kekerasan seksual pada anak.disini yang menjadi pemimpin diskusi ialah kurnia boby safarov hasibuan yaitu salah satu anggota dari kelompok 1 yaitu performa tentang diskusi.pada awal jalan diskusi ini kami menampilkan sebuah video diskusi yang dijalankan di stasiun tv.setelah itu kami membahas kembali dengan cara melihat dari sudut pandang pelaku orang tua korban dan korban.saya melihat jalan diskusi ini berjalan dengan baik.pada kelompok saya lihat ini memiliki synergy yang tinggi,sebab satu sama lain memiliki peran penting dalam jalannya diskusi.walapun sudah memiliki peran teman-teman kelompok saya juga sering membantu untuk meluruskan arah dar jalan diskusi yang sedang berjalan.
Setelah melakukan performa, alangkah baiknya jika kita melakukan evaluasi. Di akhir performa, kami meminta feedback dari peserta diskusi mengenai hal-hal apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari kelompok kami. Dari tujuan yang sudah ditetapkan diawal, ternyata ada sekitar 57% yang mengatakan bahwa mereka mendapatkan 2 tujuan yang sudah kami tetapkan. Dengan persentase seperti ini kami menyimpulkan bahwa kami telah membawakan performa diskusi ini dengan baik.

No comments: