Wednesday, June 25, 2014

Karya Wisata


Salah satu metode belajar orang dewasa yang lain adalah karya wisata. Menurut saya, esensi dari karya wisata sendiri adalah kita dapat langsung turun ke medan yang asli sehingga kita bisa belajar langsung dari sumbernya, bukan sekedar praktek di laboratorium, membaca buku ataupun menonton video di youtube.
Pada performa karya wisata di kelas Andragogi, kami mengunjungi UKM pembuatan coklat di USU. Bertempat di CIKAL USU dengan merek dagang Rea Choc. Ditempat itu kami membentuk coklat kami sendiri. Kemudian mengisi nya dengan topping bermacam-macam, mulai dari selai, kopi, keju dan lain lain. Kemudian dimasukkan kedalam lemari es untuk mengeraskan coklat nya kembali setelah dibentuk.

Sebenarnya saya agak kecewa dengan performa ini. Karena saya pikir pada awalnya kami akan mengunjungi pabrik berskala besar, sehingga yang kami lakukan benar benar membuat coklat, mulai dari buah kokoa. Bukan hanya melelehkan lalu membentuknya kembali. Karena kalo hanya sekedar membentuk ulang, tidak perlu saya repot-repot untuk ikut kesini. Mungkin itu salah satu evaluasi saya kepada kelompok. Tapi kalo dari tujuan yang ditetapkan kelompok, sepertinya performa ini bisa dikatakan cukup baik.

No comments: